Sabtu, 18 Februari 2012

Mimosa Pudica

Apa itu Mimosa Pudica?

Mimosa Pudica adalah nama latin dari sebuah tumbuhan yang bisa hidup dimana aja. ciri cirinya punya bunga berwarna merah jambu dan pada bagian daun kalau di sentuh akan menguncup. Udah pada tau kan? Yap, Mimosa Pudica itu Putri Malu.


Kenapa harus Mimosa Pudica?



Well, saya sendiri ga tau kenapa bisa menyukai nama Mimosa Pudica tersebut. Awalnya saya -manusia yang sangat menyukai pelajaran biologi- secara tidak sengaja menemukan nama itu di dalam sebuah soal untuk ujian nasional tingkat SMA. Saya suka mengingat hal-hal yang aneh. Saya suka menghafal nama  nama latin, dan baru kali ini saya menemukan nama seindah itu. Saya suka nama itu, suka tanpa ada alasan yang jelas.

setelah usut punya usut barulah saya tau ternyata Mimosa Pudica itu adalah tumbuhan Putri Malu. Saya bertanya tanya ada apa gerangan di balik tumbuhan itu? kenapa saya merasa sangat terikat dengan nama itu? dan setelah beberapa lama mencari tau barulah saya mengerti makna filosofi di balik Putri Malu yang secara langsung atau tidak langsung berhubungan dengan sifat dan prilaku saya.

Kita sudah mengerti bahwa Putri Malu adalah tumbuhan yang bisa tumbuh dimana saja, dan saya rasa itu cocok dengan kepribadian saya yang mandiri (jangan muntah ya), dan juga dari segi daun yang akan menguncup kalau di sentuh itu menandakan saya sangat sensitif terhadap sesuatu, tetapi itu hanya bersifat sementara tentunya. Saya tipe orang yang terbuka, akan tetapi bisa langsung menciut terhadap sesuatu yang membuat saya tidak nyaman. Saya berani mencoba sesuatu yang baru. Saya suka tantangan, seperti halnya Mimosa Pudica yang selalu menjadi incaran para predator.

Jeleknya, Mimosa Pudica juga terasuk kedalam tumbuhan parasit. Dari segi kepribadian mungkin itulah sisi jelek saya yang kadang suka maksa -egois-  tetapi suer saya ga pernah mau menghisap makanan haram! apalagi dari inang!


cukup sekian dulu ya perkenalan saya di postingan kali ini.
sampai jumpa. semoga menghibur dan bermanfaat.








1 komentar:

  1. saya mengerti sekarang buk.
    terima kasih atas penjelasannya

    BalasHapus